5 Posisi Pemain Basket dan Tugasnya: Kriteria Khusus & Istilah Penting Dalam Olahraga Basket

Artikel ini akan membahas secara detail dan bertahap seputar posisi pemain basket dan tugasnya.

Olahraga basket sampai saat ini masih difavoritkan oleh sebagian besar orang, baik dalam negeri maupun diluar negeri.

Bagi anda yang hobi, pecinta bola basket atau pemula yang mau belajar bola basket, anda mesti memahami beberapa komposisi pemain beserta tugas-tugasnya.

Dan semuanya akan saya kupas tuntas dalam pembahas singkat, padat dan berisi dibawah ini.

Posisi Pemain Basket dan Tugasnya

Sebagai salah satu olahraga yang terdiri atas dua tim, beranggotakan masing-masing lima orang. Tiap individu pemain dituntut untuk professional guna maraih atau mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Sebenarnya jumlah pemain basket itu tiap tim mereka menyiapkan 10 orang, dimana 10-nya dibagi menjadi 2, yaitu tim inti dan tim cadangan.

Banyak sekali orang menyukai olahraga ini karena basket biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil.

Selain itu, tempo permainan bola basket cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola, makanya permainan olahraga ini jadi lebih kompetitif.

Baiklah, kembali lagi kita akan membahas secara detail macam-macam posisi pemain basket dan tugasnya.

Shooting Guard

Posisi dan tugas Shooting Guard
officialhankjones.com

Dalam struktur posisi bola basket, shooting guard berada pada posisi 2 dimana pemain ini biasanya ditempati oleh pemain dengan kemampuan menembak yang mumpuni.

Umumnya pemain yang menempati posisi ini ialah seorang penembak yang baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka).

Beberapa contoh pemain yang menempati posisi shooting guard adalah Michael Jordan, Allen Iverson, hingga mendiang Kobe Bryant.

Selaras dengan tugas utamanya, postur seorang shooting guard umumnya lebih tinggi dari pemain diposisi point guard.

Hal ini karena tugas shooting guard adalah memberikan bantuan extra serta menggantikan point guard ketika tim sedang melakukan serangan.

Kemampuan seorang shooting guard yang harus dimiliki adalah daya kreativ serta kemampuan menembak yang baik dari berbagai posisi.

Power Forward

Posisi dan tugas Power Forward
officialhankjones.com

Power forward merupakan salah satu posisi dalam permainan bola basket yang ditempati oleh pemain dengan postur tinggi serta fisik yang kuat.

Hal demikian sebanding dengan tugas utamanya yaitu menangkap bola yang memantul dari ring (rebound) baik dalam keadaan menyerang ataupun dalam bertahan.

Nah, salah satu contoh pemain yang menempati posisi power forward yang cukup terkenal adalah Dirk Nowitzki, pemain ini adalah legenda klub Dallas Mavericks asal Jerman.

Umumnya seorang power forward itu akan banyak bergerak di dekat (bawah) ring untuk menembak dari jarak dekat dibanding dengan small forward.

Pemain diposisi ini juga mampu memaksa lawan membuat pelanggaran (foul) atas dirinya sehingga nanti dapat hadiah shooting langsung ke ring basket.

Power Forward menempati posisi nomor 4 dalam struktur pemainan bola basket.

Center

Tugas dan posisi Center dalam bola basket
officialhankjones.com

Center adalah posisi pemain di Posisi 5 atau big man dalam permainan bola basket.

Posisi ini ditempati oleh pemain dengan tubuh terbesar atau tertinggi di tim yang mengambil posisi di area garis tembakan bebas (free-throw line).

Posisi pemain basket (center) mempunyai tugas pokok, diantaranya :

  • Membendung tembakan lawan.
  • Menyusup pertahanan lawan.
  • Menjaga daerah pertahanan.

Beberapa kritria pemain yang pantas menempati posisi ini adalah berkemampuan dalam memanfaatkan punggungnya untuk menghalangi lawan serta menangkap bola pantul yang tidak masuk ke ring (rebound).

Pemain diposisi ini mempunyai postur yang sangat tinggi dan besar, karena tugas penting seorang center juga harus menghalangi lawan ketika ingin mencetak poin.

Tidak hanya itu, seorang center juga turut berperan aktif dalam merebut bola pada saat situasi jump ball atau perebutan bola dalam mengawali permainan basket.

Seorang center atau pemain tengah juga akan lebih banyak melakukan tembakan dari daerah dekat ring.

Hal ini juga banyak membuat tim lawan melakukan pelanggaran pada saat mencoba menghalanginya.

Beberapa pemain yang menempati posisi center terkenal dalam kompetisi NBA di antaranya adalah Wilt Chamberlain, Kareem Abdul-Jabbar, dan juga Shaquille O’Neal.

Small Forward

Posisi dan tugas Small Forward
officialhankjones.com

Small forward merupakan posisi pemain yang menempati posisi 3 dalam permainan bola basket.

Posisi ini umumnya diisi oleh pemain yang relatif punya kemampuan satu-lawan-satu (one-on-one) dengan pemain lawan.

Salah satu kriteria pemain diposisi ini ialah pemain harus bermain agresif dan kuat, bisa melakukan dribble cepat dan lincah, serta mampu mencetak poin.

Nah, salah satu pemain terbaik yang berada di posisi ini ialah bintang Los Angeles Lakers, LeBron James.

Salah satu tugas utama diposisi small forward adalah menolong dan mengambil peran point guard yang berada dalam tekanan lawan.

Sedangkan dalam situasi bertahan, pemain small forward harus mampu menjaga lawan yang menempati Posisi 2 (shooting guard) atau 3 (small forward) itu sendiri.

Point Guard

Tugas dan posisi Point Guard
officialhankjones.com

Point guard dalam permainan bola basket dikenal dengan Posisi 1, dimana posisi ini umumnya memang ditempati oleh pemain dengan postur tubuh paling pendek.

Yang menmpati posisi ini juga harus punya kriteria atau kemampuan khusus dalam menggiring bola serta punya skill mengumpan yang baik.

Cara melihat atau mengukur kemampuan seorang point guard adalah dilihat berdasarkan jumlah assist-nya atau umpan yang menghasilkan poin daripada poin yang dia cetak.

Adapun tugas utama dari seorang point guard ialah mengatur serangan timnya dengan mengontrol bola serta memberikan umpan kepada pemain lain dalam situasi yang tepat untuk mencetak poin.

Dalam hal pertahanan, pemain diposisi point guard juga harus berperan sebagai lapisan pertama pertahanan tim.

Selain itu, posisi point guard juga mempunayi tugas dalam urusan mencuri bola dari lawan.

Beberapa contoh bintang basket dunia yang menempati posisi ini (point guard) adalah Stephen Curry dan dua legenda basket NBA, Earvin “Magic” Johnson serta John Stockton.

Pemain Basket Berdasarkan Posisi Bermain

Mari kita mengenal lebih dalam seputar posisi pemain basket, secara umum pemain basket dapat dibedakan menjadi dua posisi besar, yakni:

Backcourt

Backcourt merupakan posisi pemain yang lebih banyak bergerak diluar lingkar 3-point line.

Pemain diposisi backcourt akan berada pada barisan paling belakang untuk melindungi 3 pemain depan bila mana rakan tim dalam posisi menyerang.

maka dari itu, posisi ini dikenal sebagai guard atau penjaga.

Tak jarang juga backourt dalam fase defense juga menjaga posisi di area paling luar dan menjadi pelindung pertama tim dari serangan lawan.

Frontcourt

Frontcourt merupakan beberapa pemain yang bertugas dekat dengan area ring lawan atau barisan terdepan.

Biasanya tim frontcourt hanya diisi oleh 3 pemain saja, yakni 2 forward dan 1 center.

Dalam situasi tim mengalami serangan dan melakukan upaya pertahanan, maka tim frontcourt akan berubah posisi menjadi tembok terakhir yang melindungi paint area.

Istilah Posisi Pemain Basket

Membahas mengenai posisi pemain basket dan tugasnya, rasanya tidak lengkap jika tidak mengenal beberapa istilah penting dalam dunia olahraga basket.

Beberapa istilah dalam bola basket diantaranya yaitu :

Bigman

Makna dan istilah Bigman dama bola basket
officialhankjones.com

Bigman atau juga disebut dengan Stretch Four dan Forward-center merupakan bagian dari pemain yang mampu menjalankan dua posisi sekaligus, yakni Power Forward dan Center.

Dua posisi ini memang punya peran yang sangat mirip, sehingga bisa dicover oleh pemain satu dengan yang lainnya.

Pemain ini tidak hanya mampu melakukan rebound dan rim protector, Bigman juga perlu menambah keterampilan mencetak angka di jarak dekat atau close range shoot.

Point Forward

Point Forward merupakan posisi pemain depan basket atau frontcourt yang punya skill playmaking seperti point guard.

Pemain dalam kategori ini selain mampu menjadi finisher yang handal juga harus mampu melakukan umpan dengan akurasi yang baik, serta mempunyai court vision diatas rata-rata.

Pemain terkenal diposisi point forward terbaik dalam ajang NBA adalah Lebron James.

Combo Forward

Posisi Pemain Basket dan Tugasnya
officialhankjones.com

Salah satu pemain yang mampu menjalankan peran Small Forward dan Power Forward dalam waktu yang sama disebut juga pemain combo forward, atau pemain yang dapat melakukan switching sesuai dengan kebutuhan tim.

Umumnya Combo Forward dihuni oleh pemain-pemain yang lincah serta bagus, dengan tubuh yang besar.

Dalam kompetisi NBA, salah satu contoh pemain yang sangat bagus adalah Kawhi Leonard dan Giannis.

Combo Guard

Posisi Combo Guard dalam Bola Basket
officialhankjones.com

Istilah combo Guard dalam dunia basket dipakai untuk menyebut pemain Shooting Guard yang rata-rata punya kemampuan handling serta dribbling layaknya Point Guard, begitu juga sebaliknya.

Combo Guard juga termasuk pemain dengan kemampuan ganda dalam suatu pertandingan.

Hal ini sangat dibutuhkan pada saat tim tidak memiliki banyak pilihan untuk backcourt yang memiliki kualitas yang diharapkan.

Nah, dalam ajang NBA posisi pemain basket (Combo Guard) begitu dominan di beberapa tim.

Wing

Dalam sebuah tim basket, ada pemain yang berposisi di parimeter area, nah pemain yang punya kemampuan diposisi ini disebut dalam istilah Wing.

Umumnya pemain yang berposisi dibagian ini disiapkan pada pemain dengan dua tipe, yakni Small Forward dan Shooting Guard.

Sering juga wing atau winger beroperasi di area corner serta masuk kedalam elbow area.

Pemain yang punya kriteria ini sangat dibutuhkan untuk sebuah tim yang ingin mendapatkan lebih banyak kreativitas dalam membangun serangan serta permainan Iso ball.

Pivot

Pivot merupakan istilah untuk menyebut peran Center dalam permainan bola basket.

Pivot sendiri berarti sentral yang maknanya bisa untuk menjadi pusat pergerakan bola.

Selain itu, pivot juga dapat disebut sebagai titik pacu, hal ini karena setiap tim membutuhkan pemain ini untuk menjalankan strategi big ball.

Swingman

Selanjutnya istilah dalam bola basket adalah Swingman, yang digunakan untuk pemain yang mampu beroperasi di dua posisi sekaligus, yaitu Small Forward dan Shooting Guard.

Kedua posisi ini memang punya karakteristik yang tidak jauh beda, sehingga pada saat ada pemain yang mampu melakukan swtitching pada posisi ini, maka dia juga dapat dikategorikan atau disebut sebagai Swingman.

General Floor

General Floor adalah istilah yang sering dipakai untuk menyebut para guard terutama untuk point guard yang mempunyai tugas utama mendistribusi bola dalam taktik penyerangan.

General floor juga kerap kali disematkan untuk para combo guard yang sama-sama punya peranan penting dalam handling bola menggantikan tugas point guard.

Kesimpulan Mengenai Posisi Pemain Basket dan Tugasnya

Seperti yang telah kita pelajari, dalam sebuah tim basket itu ada posisi-posisi penting yang harus ditempati secara efektif oleh pemain yang memenuhi kriteria dalam kemampuannya.

Secara umum kita mengenal ada beberapa posisi dalam sebuah tim basket, diantaranya :

  • Point Guard, bertindak sebagai pemimpin serangan dengan posisi pada nomor 1 dalam sebiah tim.
  • Shooting Guard, bertindak sebagai perebut bola dan penembak tiga poin, pemain ini berposisi dinomor 2 dalam sebuah tim.
  • Small Forward, bertindak sebagai penyerang dan bermanuver dengan kemampuan lebih pada tembakan tiga poin yang sangat baik, pemain ini berposisi dinomor 3 dalam sebuah tim.
  • Power Forward, bertindak sebagai pengontrol aktivitas di line, serta rebound saat bertahan.
  • Center, adalah pemain yang banyak bergerak di dalam kotak, mengambil bola untuk menembak dari jarak dekat. Pemain ini juga aktif dalam upaya pertahanan, pemblokiran serta rebound. Rata-rata pemain diposisi ke-5 ini punya postur tubuh yang tinggi dalam memaksimalkan tugasnya.

Demikinlah pembahasan seputar posisi pmain basket yang bisa kami share dalam artikel ini.

Semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik, kritik dan saran yang membangun silahkan disampaikan melalui kotak komentar.

Tinggalkan komentar