Rahasia Pola Penyerangan Bola Voli +Formasi Penyerangan Mematikan

Dalam artikel ini, mimin mau share pemahaman sekaligus pengalaman seputar pola penyerangan bola voli maupun macam macam formasi bola voli.

Kita sebagai penonton terkadang merasa kagum dan takjub melihat sebuah pertandingan voli yang adu strategi serangan (serang menyerang).

Tak ayal kualitas pemain dan strategi yang digunakan jadi penentu kemengan sebuah tim.

Lalu bagaimana sebenarnya sebuah serangan rumit dan mematikan itu bisa dilakukan, dan bagaimana membuat formasinya.

Pertanyaan ini akan terjawab dalam pembahasan olahraga voli dibawah ini.

Pola Penyerangan Bola Voli

Pola penyerangan bola voli adalah sebuah sistem kombinasi penyerangan antar beberapa pemain guna melakukan sebuah serangan melawati sistem block/hadangan lawan.

Sebuah tim juga akan dinilai sangat kuat dan tangguh ika punya unsur permainan seperti ini, demikian juga pelatihnya.

Naman demikian, faktanya dalam melakukan teknik-teknik atau pola penyerangan bola voli itu cukup susah serta membutuhkan beberapa pemain yang memang sudah sangat jago dibeberapa bidang.

Berikut ini macam macam pola penyerangan bola voli yang umum dilakukan tim tim besar.

Pola Penyerangan 1 Pemain

Pola Penyerangan 1 Pemain bola voli
officialhankjones.com

Pola penyerangan ini adalah yang paling umum dilakukan olah sebuah tim dalam pertandingan.

Selain mudah, pola penyerangan dengan satu pemain uga lebih bebas dilakukan dari segala arah, bisa dari sisi kanan atau kiri posisi tosser oleh spiker, atau dari posisi belakangan (back attack)

Teknik melakukan serangan bola voli dengan pola serangan satu pemain hanya melibatkan satu pemain dan tosser saja yang sebelumnya sudah dikasih koda akan dilakukan dari posisi mana.

Pola Penyerangan 2 Pemain

Pola Penyerangan 2 Pemain dalam bola voli
officialhankjones.com

Naik ke level dua, pola penyerangan dengan 2 pemain sudah mulai ada tantangan, khususnya kekompakan.

Pola penyerangan bola voli 2 pemain bisa dilakukan dari kanan atau kiri, atau juga bisa dari posisi serangan back attack (serangan tiga meter).

Cara melakukan serangan dengan pola 2 pemain adalah :

  1. Pada saat bola sudah diservis oleh pemain lawan dan sudah mulai meluncur ke daerah lapangan kita, posisi spiker (kanan dan kiri) sudah harus menyiapkan diri mengambil ancang-ancang.
  2. Salah satu middle blocker juga harus bersiap melakukan serangan bayangan guna melancarkan serangan.
  3. Jika tosser sudah memberi kode bahwa serangan akan dilakukan dari posisi kanan, maka yang akan memukul adalah spiker di posisi kanan tosser. Dia harus dalam siaga tinggi.
  4. Saat bola sudah tiba (dari lawan) terima bola dan arahkan ke tosser.
  5. Tosser akan menerima umpan dan akan langsung mengarahkannya ke sisi atas net (kanan) agar spiker di sisi kanan memukulnya kedaerah lawan.
  6. Saat bola mulai diumpan olah tosser, saat itu juga dengan cepat pemain middle blocker melompat memberikan pukulan bayangan (seolah-olah mau memukul) guna mengelabui para blocker lawan.
  7. Spiker akan melakukan pukulan dengan keras dan akurat sesuai dengan kemapuannya. Dengan begitu poin akan didapat jika bola berhasil masuk.

NB: karena penyerangan dilakukan dari sebelah kanan, maka posisi spiker disisi kiri cukup bersiap saja jika sewaktu-waktu ada bola liar masuk atau terpental kembali.

Pola Penyerangan 3 Pemain 

Naik kelevel 3, pola penyerangan dengan melibatkan 3 pemain akan lebih sulit namun sangat mematikan.

Selain mematikan, dengan pola penyerangan bola voli 3 pemain ini akan sangat menyulitkan lawan dalam melakukan pertahanan, khususnya block.

Cara melakukannya adalah seperti ini :

  1. Kita akan mengambil contoh teori dalam sebuah pertandingan langsung. Dimana semua pemain sudah punya skilnya masing-masing. Kita juga ambil contoh (aggap) serangan akan dilakukan dari sebelah kiri.
  2. Jika bola sudah dilambung, maka pemain (biasanya libero) akan menerima dan mengumpannya ke tosser.
  3. Karena serangan akan dilancarkan dari sebelah kiri, maka tosser akan secara otomais mengumpannya ke sebelah kiri nanti.
  4. Lagi-lagi salah satu kunci keberhasilannya adalah skil dan kecepatan middle blocker dalam melakukan smash bayangan guna mengecoh pemain bertahan lawan (blocker).
  5. Dan, secara bersamaan pemain spiker yang ada pada posisi kanan dan kiri tosser akan berlari dan melompat seperti akan melakukan spike bola keatas net.
  6. Namun, karena bola diumpan oleh tosser kekiri, maka yang akan melakukan serangan adalah spiker disebelah kiri dengan keras dan menghujam ke daerah pertahanan lawan.

NB: kunci keberhasilan pola penyerangan bola voli 3 pemain adalah kekompakan tim 3 penyerang secara sekaligus. Sehingga lawan akan kerepotan memprediksi arah datangnya serangan. Karena tiga-tiganya sama-sama melompat.

Bisa dikatakan, dalam melancarkan serangan dengan pola ini, 80% serangan akan berhasil jadi poin.

Contoh Pola Penyerangan 4 Pemain

Contoh Pola Penyerangan 4 Pemain bola voli
officialhankjones.com

Teknik serangan dengan pola/unsur 4 pemain umumnya hanya diterapkan oleh timnas, atau dalam kompetisi Internasional saja.

Ada sih beberapa tim hebat yang menerapkan sistem serangan model ini, hanya saja kurang maksimal dan matang saja. Karena dalam prakteknya dilapangan, jenis serangan seperti ini jika terjadi kesalahan sedikit saja, maka akan berakibat fatal.

Bukan poin yang diperoleh, justru malah poin mudah buat lawan. Lebih mengerikannya lagi akan terjadi cedera yang cukup serius olah para pemain yang terlibat.

Cara melakukan pola penyerangan dengan formasi 4 pemain adalah :

  1. Asal serangan terbaik jika melakuan serangan dengan pola 4 pemain adalah dari belakang (baris 3 meter) atau dari pemain spiker didepan. Karena salah satu keunggulan dari pola ini adalah, bisa melakukan sebuah serangan dari berbagai arah dalam satu waktu tanpa terbendung.
  2. Kita akan mengilustrasikan bahwa serangan jenis ini akan dilakukan olah pemain di posisi belakang (back attack)
  3. Polanya sebenarnya sama saja (teknik dasarnya) seperti diatas, hanya saja pemain yang berkontribusi melakukan serangan langsung dan tidak langsung lebih banyak.
  4. Jika bola sudah diterima, maka tosser akan mengumpannya keatas bagian tengan lapangan (kira-kira satu meter jarak renggangnya dari net).
  5. Saat bola sudah diumpan dan diangkat olah tosser, secara bersamaan para pemain spiker disebelah kanan dan kiri juga akan melompat tinggi-tinggi (seakan-akan mau melakukan spike).
  6. Demikian juga dengan pemain yang bertindak sebagai middle blocker. Saat bola diangkat, dia dengan sigap akan melompat lebih dulu memberikan smash bayangan.
  7. Disaat yang bersamaan juga, pemain (serang) dari paling belakang juga akan melompat dengan sangat tinggi (kira-kira pas di garis tiga meter). Dan langsung melakukan pukulan keras dan bebas ke beberapa target didaerah lapangan lawan.

Bayangin jika anda sebagai pemain lawan. Pemain yang mana yang akan anda block serangannya jika anda tidak tau kode dari tosser lawan.

Macam Macam Formasi Bola Voli

Macam Macam Formasi Bola Voli
officialhankjones.com

Kita sudah pernah membahas seputar nama posisi pemain dan tugas pemain dalam permainan bola voli.

teknik dasar dalam bermainan bola voli sangat penting untuk anda kuasai sebelum membahas macam macam formasi bola voli.

Pasalnya, jika kita sudah menguasai teknik dasar sebelum menerapkan strategi dalam formasi dalam permainan bola voli, maka materi formasi serangan akan lebih mudah anda kuasai.

Salah satu kunci keberhasilan suatu serangan dalam sebuah tim tergantung pada pemberi umpan atau tosser kepada pemain penyerang yaitu spikker, lihat cara melakukan passing atas/bawah yang harus dikuasai tosser.

Ada beberapa teknik khusus dalam mengatur atau merancang formasi serangan bola voli.

Berikut ini macam macam formasi penyerangan bola voli selengkapnya :

Formasi Penyerangan 5 Spipper – 1 Tosser

Formasi Penyerangan 5 Skipper – 1 Tosser
officialhankjones.com

Dalam strategi formasi ini, hanya terdapat 1 pemain yang bertindak sebagi tosser atau pengumpan.

Pada saat tosser berada di posisi depan, formasi pemain akan menyiapkan 2 spikker.

Sementara pada saat tosser berada di belakang, maka tim tersebut menyiagakan 3 pemain Spikker.

Formasi permainan voli ini bisa saja melakukan perbahan sesuai kebutuhan tim.

Formasi Penyerangan 4 Spikker – 1 Tosser dan 1 Universaler

 Formasi Penyerangan 4 Spikker – 1 Tosser dan 1 Universaler
officialhankjones.com

Dalam formasi penyerangan type ini, biasanya hanya ada 1 pemain yang bertindak sebagi Tosser ditambah 1 pemain sebagai universaler.

Sewaktu-waktu, universaler ini bisa bertindak sebagi pengumpan ketika berada di posisi depan.

Biasanya pemain sebagai universaler punya kemampuan smash lebih baik dibanding dengan tosser.

Formasi Penyerangan 4 Spikker – 2 Tosser

Formasi penyerangan 4 Spikker – 2 Tosser
officialhankjones.com

Formasi serangan bola voli jenis ini akan menyiapkan 4 pemain yang berperan sebagai Spikker serta 2 pemain lain yang akan berperan sebagai Tosser.

Biasanya dalam formasi ini, tosser akan melakukan set dari posisi tengah depan lapangan, terkadang juga melakukan set dari posisi depan sebelah kanan lapangan.

Pentingnya Mengetahui Formasi Pemain Bola Voli

Sebuah serangan akan jauh lebih mematikan jika dilakukan sebuah sistem penyerangan yang terpadu. dalam hal ini dilakukan formasi penyerangan bola voli yang matang.

Ada beberapa pemain penting yang dijadikan sebuah unsur pola atau formasi penyerangan, diantaranya adalah :

1. Spikker (Smash)

Jenis formasi permainan bola voli
officialhankjones.com

Pertama ada pemain kunci yang namanya spiker atau smasher.

Pemain yang menempati posisi ini punya peran utama untuk memukul bola supaya jatuh dengan keras ke area pertahanan permainan lawan.

Tak heran jika pemain ini jadi kunci dalam mencetak poin.

Pemain spikker harus punya kemampuan tinggi dalam menempatkan bola pada area kosong pertahanan lawan, sehingga timnya dapat memenangkan pertandingan.

2. Tosser atau Set Upper (setter/sutter)

Pemain yang menempati posisi ini memiliki tugas untuk mengoper bola terhadap rekan di satu timnya.

Tugas utama seorang Tosser tentu adalah mengoper bola, selain itu juga set upper atau tosser juga memiliki tugas mengatur ritme jalannya permainan di timnya, misalnya kapan waktunya menyerang dan bertahan.

4. Defender

Defender merupakan salah satu pemain yang mempunyai tugas menerima serangan dari tim lawan.

Dalam hal ini maka seorang defender harus siap bertahan serta menerima serangan apapun agar tidak menjadi poin tambahan untuk lawan.

3. Libero

Tugas pemain Libero adalah menjaga dan memperkuat pertahanan, hal ini dilakukan dengan cara menahan bola dari pukulan lawan.

Dalam pertandingan, Libero punya kebebasan keluar masuk pertandingan, namun tidak boleh melakukan smash.

Jika ingin memasukkan bola kedaerah lawan, pemain ini hanya boleh melakukannya dengan passing atas.

Tinggalkan komentar