Bentuk Lapangan Softball: Bentuk, Ukuran & Istilah Penting Olahraga Softball

Artikel ini akan membahas contoh atau ilustrasi (reall) bentuk lapangan Softball beserta ukuran dan struktur lapangannya.

Jika dibanyak negara luar olahraga ini begitu populer, namun dinegara kita olahraga yang sangat mirip dengan bola kasti ini begitu minim sekali dikenalnya. Bahkan ada yang tidak tau sama sekali.

Maka dari itu, sudah sepantasnya informasi ini kami terbitkan yang mengupas tuntas tentang ukuran, bentuk serta beragam istilah penting dalam permainan olahraga Softball. yang kami sajikan dalam sebuah ilustrasi gambar bentuk lapangan Softball agar lebih mudah kita pahami.

Selamat menyimak…!

Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan

Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan
officialhankjones.com
Materi softball sama pentingnya kita perkenalkan kepada anak-anak didik seperti halnya olahraga lainnya, idealnya sih mulai sejak bangku SMP.
Sementara untuk pengembangan minat dan bakatnya, di tingkat SMA siswa dituntut harus menguasai setiap aspek yang meliputi aturan dasar dan pengetahuan umum tentang softball.
Kurangnya edukasi, materi serta even di negara ini membuat olahraga Softball kurang familiar.
Karena memag faktanya, permainan Softball tidak terlalu populer dikalangan masyarakat Indonesia jika kita bandingkan dengan sepakbola ataupun bola voli.
Lain halnya dinegara-negara barat seperti Eropa dan Amerika, olagraga ini begitu populer dan banyak sekali peminat dan atlite-atlitenya.
Nama alat yang umum digunakan untuk memaikan permainan Softball adalah stick atau bat untuk memukul. Peraturannya dalam permainan ini juga hampir sama dengan olahraga kasti, sehingga membuat kita dengan cepat bisa memahaminya.
Jika kalian tertarik, atau ingin juga mencoba memainkanya, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa aturan dasar terlebih dahulu. Dan mengetahui beragam aturan dalam permainan ini akan lebih mudah jika kita mengenal lebih dulu secara spesifik seputar bentuk lapangan maupun ukuran lapangan softball.
Maka dari itu, dalam pembahasan artikel ini mimin akan memberikan contoh gambar bentuk lapangan softball beserta ukurannya.

Mengenal Bentuk dan Fungsi Pada Lapangan Softball

Walaupun menjadi salah satu materi dasar yang harus dikuasai, namun kenyataannya masih banyak siswa yang tidak mengetahui seperti apa gambar lapangan softball.
Hal ini wajar-wajar saja mengingat olahraga yang satu ini tidak begitu populer dimainkan oleh masyarakat.
Adanya beragam keterbatasan seperti alat, lahan, maupun pengetahuan menjadi kendala utama mengapa pengenalan softbol sulit untuk diterima.
Bahkan saat di sekolah pun, dari pada mengajar dan praktek olahraga ini, guru biasanya akan lebih condong mengajarkan permainan kasti, karena peraturan dan teknik dasarnya lebih konvensional.
Namun yang menjadi problem adalah, ketika siswa harus menghadapi butir soal ujian yang membahas materi tersebut, pasalnya banyak dari mereka merasa kebingungan saat diminta menyebutkan ukuran lapangan softball, dimana mereka memang minim ilmu dan praktek.
Lalu seperti apa sih bentuk lapangan softball standar internasional?
Pertanyaan ini tidak sedikit yang ditanyakan oleh siswa.
Maka dari itu, dalam kesempatan ini mimin ingin memberikan ilustrasi agar kalian memiliki perspektif lebih baik.
Mengetahui ukuran Gambar Lapangan Softball
officialhankjones.com
Secara kaca mata awam, sekilas gambar lapangan sofbol di atas memang tampak menyerupai bentuk setengah lingkaran.
Pada bagian dalamnya, terdapat daerah (kecil) dengan bentuk kotak yang bernama infield (zona penjagaan dalam). Dimana zona ini berfungsi memisah dua tim yang sedang bermain.
Ketika bertanding, satu tim akan berada di dalam lapangan persegi, sementara tim lain akan menjaga di zona yang berbentuk lingkaran seperti pada gambar di atas.
Mungkin dari bentuk dasarnya kita sudah tau ini ciri khas lapangan apa, namun kalian tetap harus mengetahui setiap aspek dan komponen di dalamnya. Pasalnya, ukuran yang meliputi lebar, panjang, serta diameter garis lingkaran tidak boleh dibuat sembarangan.
Karena standar tersebut sudah dirumuskan dan ditetapkan secara Internasional dalam asosisasi induk olahraga ini.

Ukuran Lapangan Softball Secara Lebih Detail

Mari kita lebih memahami ukuran lapangan softball secara lebih terperinci mulai dari panjang dan lebarnya, serta aspek-aspek yang ada dalam permainan ini.
Silahkan diperhatikan dan disimak penjelasan di bawah:
Bentuk Ukuran Lapangan Softball
officialhankjones.com
Melalui gambar di atas, kita bisa melihatnya langsung beberapa ukuran (panjang+lebar) lapangan sotfball secara akurat.
Bukan hanya itu, anda bisa melihat juga beberapa aspek lain yang sebenarnya juga harus kita pahami.
Dan untuk lebih jelasnya tentang ilustrasi maupun keterangan lapangan softball di atas, penjelasan komponennya kira-kira seperti berikut ini :
NOIstilah / Komponen LapanganKeterangan atau Fungsi
1Home Plate / Home BaseAdalah sebuah titik terakhir yang oleh pemain penyerang harus disentuh untuk mencetak poin. Bentuk Home Plate adalah segilima dan biasanya dicat dengan warna putih.
2Batters Box (Kotak Pemukul)Daerah khusus yang ditempati oleh pemain Batter untuk memukul bola yang dilempar oleh pemain Pitcher.
3Catchers Box (Kotak Penangkap)Merupakan Area yang menjadi posisi pemain Catcher untuk menangkap bola yang sudah dilempar oleh Pitcher maupun bola liar.
4Base (Tempat Hinggap)Adalah area khsusu yang harus disentuh oleh seorang pelari base guna mencetak run bagi tim penyerang. Terdapat 3 Base yang harus disentuh oleh seorang pelari jika ingin meraih sebuah poin. Yaitu dimulai dengan menuju ke Base 1, kemudian ke Base 2 dan setelah itu ke Base 3. Tujuan terakhirnya adalah ke Home Plate. Setiap Base biasanya juga punya kesamaan, yaitu memiliki sisi sepanjang 38 × 38 cm dan tebal 5 – 12,5 cm.
5Next Batters Circle / On Deck Circle (Area Pemukul Selanjutnya)Merupakan Area tunggu yang menjadi tempat bagi seorang pemain batter, dan selanjutnya dari tim penyerang
6Pitcher Point (Titik Pelempar)Merupakan Area yang yang menjadi tempat bagi para pemain Pitcher untuk melempar bola baseball ke arah Batter.
7Coach Box (Kotak Pelatih)Merupakan area khusus yang diperuntukkan bagi para pelatih tim softball untuk memberi atau mengawasi timnya yang sedang bertanding. Area / tempat bagi Coach Box ini harus berada di belakang garis Base 1 dan Base 3, dan mempunyai ukuran 15 × 3 kaki.
8InfieldAdalah suatu daerah (bagian dalam) bidang bujur sangkar lapangan baseball. Wilayah ini biasanya ditandai dengan area rerumputan.
9OutfieldArea yang berada pada bagian luar bidang bujur sangkar lapangan baseball. Wilayah ini biasanya juga ditandai dengan area yang berpasir
10Baseline (Garis Dasar)Adalah sebuah penghubung secara langsung berupa garis dasar yang antar Home Plate dengan Base lainnya. Garis ini juga digunakan sebagai jalur atau lintasan untuk pemain pelari.
11Foul Line (Garis Pelanggaran)Garis dasar yang berfungsi sebagai penanda guna membatasi antara area Fair Territory dengan Foul Territory. Pembuatan gari ini dimulai dari sisi kanan yang disebut Right Batter Box dan sisi kiri Left Batter Box, hingga mencapai tembok pembatas lapangan
12Grass Line (Garis Rumput)Merupakan garis pembatas antara wilayah Outfield dan Infield pada lapangan Softball.
13Fair TerritoryMerupakan area khusus dalam lapangan softball yang dianggap sah oleh wasit untuk jatuhnya bola
14Foul TerritoryMerupakan sebuah area pada lapangan softball yang dianggap tidak sah atau pelanggaran oleh wasit untuk jatuhnya bola
15BackstopMerupakan pagar pembatas yang digunakan untuk menghentikan lemparan bola liar
16Warning TrackDaerah yang berfungsi sebagai panduan atau peringatan bagi para pemain pada posisi outfield, karena dekat dinding atau pagar pemabatas lapangan
17Wall & Outfield WallAdalah sebuah dinding atau pagar pembatas yang ada pada lapangan softball

Aturan dan Ketentuan Lapangan Permainan Bola Softball 

Lapangan softball terbagi menjadi 2 jenis, yaitu lapangan softball Slow Pitch dan Fast Pitch. \
Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Keterangan Ukuran Lapangan Softball

Panjang Sisi Lapangan Softball / Jarak Lintasan Antar Base

  • Lintasan Fast Pitch = 18,29 meter / 60 kaki.
  • Lintasan Slow Pitch = 19,81 meter / 65 kaki.

Jarak Melempar (Pitching) Fast Pitch

  • Dewasa putra = 14,02 meter / 46 kaki.
  • Dewasa putri = 13,11 meter / 43 kaki.
  • Usia dibawah 18 tahun. (putra) = 14,02 meter / 46 kaki.
  • Usia dibawah 18 tahun. (putri) = 12,19 meter / 40 kaki.

Jarak Melempar (Pitching) Slow Pitch

  • Dewasa putra = 15,24 meter / 50 kaki.
  • Dewasa putri = 15,24 meter / 50 kaki.
  • Usia dibawah 18 tahun. (putra) = 15,24 meter / 50 kaki.
  • Usia dibawah 18 tahun. (putri) = 14,02 meter / 46 kaki.

Ukuran Pada Bidang Bujur Sangkar Lapangan Softball

  • Jarak antara Coach Box dengan Foul Line = 2,43 meter, atau 8 kaki.
  • Jarak antara Home Plate dengan Backstop = 7,62 – 9,14 meter, atau 25 – 30 kaki.
  • Jarak antara titik tengah Pitching Point dengan Home Plate = 10,67 – 13,1 meter, atau 25 – 43 kaki.
  • Jarak antara Foul Line dengan Wall = 7,62 – 9,14 meter, atau 25 – 30 kaki.
  • Lebar wilayah Warning Track = 3,05 meter, atau 10 kaki.
  • Jari-jari area Home Plate = 6,09 meter, atau 20 kaki.
  • Jari-jari area Pitcher Point = 4,87 meter, atau 16 kaki.
  • Jari-jari area Infield dari pusat Pitcher Point = 18,29 meter, atau 60 kaki.
  • Jari-jari area Next Batter Circle = 0,76 meter, atau 2,5 kaki.
  • Jari-jari area Foul Territory dari pusat Pitching Point = rekomendasi minimal 76,2 meter, atau sekitar 250 kaki.

Mungkin cukup sekian pembahasan seputar ukuran panjang dan lebar lapangan softball.

Jadi, bentuk lapangan softball itu berbentuk bujur sangkar dengan dibagi menjadi 2 (dua), yaitu daerah fair dan daerah foul.

Untuk berapa panjangnya sendiri, ukuran lapangan softball memiliki ukuran panjang disetiap sisinya yaitu 16,67 meter. Dan jarak antara catcher ke tempat pelempar (pitcher’s plate), adalah 18,4 meter. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam mendapatkan informasi yang akurat.

Tinggalkan komentar