Apa yang Dimaksud Blocking: Penjelasan Detail & Bertahap Tersaji Disini

Apa yang dimaksud blocking? Pengertian block mungkin untuk beberapa olagragawan bisa berbeda-beda. Namun sejatinya maknanya tetaplah sama.

Pengertian block secara sederhana adalah upaya atau teknik membendung serangan lawan (spiker / smasher) guna mencegah lawan mendapat poin dan malah tim sendiri yang mendapat poin.

Lalu bagaimana cara melakukannya, jenis blocking ada berapa (variasinya) dan bagaimana tips supaya kemungkinan besar untuk berhasil melakukan upaya block? disini kita akan kupas secara sederhana dan mudah dimengerti.

Apa yang Dimaksud Blocking

Pengertian Apa yang Dimaksud Blocking
officialhankjones.com

Dalam permainan bola volly ada salah satu teknik dasar dan sangat penting, yaitu bendungan atau block.

Kalau kita mengutip dari salah satu buku yang bertema “Melatih Gerak dengan Bola Voli dan Bola Kasti (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. disitu dijelaskan bahwa block adalah teknik bertahan yang dilakukan di atas net.

Fungsi pokonya apa?

Gerakan melakukan block atau blocking dilakukan pemain depan untuk menahan smash dari lawan.

Nah, dalam permainan bola volly, teknik bendungan atau blok dilakukan paling banyak oleh 3 (tiga) orang.

Biasanya saat pertandingan, mereka berada di garis depan dekat net yang berposisi di nomor 2, 3, dan 4.

Sedangkan tiga pemain lainnya berada di belakang ikut serta meng-cover jika sewaktu-waktu blok gagal dilakukan.

Untuk menahan smash lawan, maka sebuah tim akan melakukan block guna menahan bola ke daerah sendiri.

Jenis Blocking dalam Bola Voli

Aktivitas block bola volly bisa dilakukan dengan berbagai variasi, baik jumlah pemainnya maupun teknik blocking bola volly-nya.

Nah, secara umum kegiatan block bola volly dilakukan seorang pemain (block tunggal), dua pemain (block ganda) hingga tiga pemain sekaligus yang menutup laju serangan musuh.

Masing-masing akan kita bahas caranya dibawah ini :

Blocking Tunggal

Jenis Blocking dalam Bola Voli
officialhankjones.com

Blocking atau block tunggal adalah jenis blok yang pertama yang dilakukan oleh satu pemain saja untuk menghalau serangan (smash) lawan.

Kemampuan jangkauan maupun rentangan tangan untuk menahan smash lawan adalah salah satu faktor sukses dalam melakukan blocking bola lawan.

Untuk mengantisipasi titik lemah, biasanya akan ditugaskan satu pemain yang menempati posisi 6 (libero) untuk bersiap sebagai pelapis pertahanan kedua.

Jadi, bila bola masih tembus dari hadangan sang middle blocker, maka tugas libero berusaha mengambil / mengantisipasi bola agar tetap dalam posisi aman.

Cara Melakukan Block Tunggal

Disini saya akan menjelaskan teknik dasar block bola untuk satu pemain saja (tunggal), langkah-langkahnya adalah seperti berikut :

  1. Siapkan satu bola volly, satu setter (tosser) beserta seorang pemukul (smasher).
  2. Mintalah kawan anda setter dan smasher untuk melakukan serangan.
  3. Posisi anda siap dan fokus ke arah alur bola dan smasher.
  4. Kedua kaki sejajar dan rileks, posisi kedua tangan setengah diatas kepala.
  5. Saat bola sudah diumpan oleh setter, dan smasher mulai melompat, ikuti arah dimana sang smasher lompat, kemudian anda juga lompat lebih tinggi diposisi (titik) yang sama.
  6. Bendung bola dengan merentangkan kedua tangan lebih tinggi lagi dari sebelumnya, tutup dan pagari laju bola kedaerah kita.
  7. Posisi kedua tangan keatas agak kedepan, agar bola jika kena tangan kita bisa mantul kebawah daerah lawan.
  8. Posisi kaki ketika kembali mendarat tetap sejajar menghadap kedepan, dan sedikit ditekuk untuk menhindari cidera saat mendarat.

Blocking Ganda

Cara Melakukan Block Ganda (2 orang)
officialhankjones.com

Block ganda adalah upaya blocking yang dilakukan oleh dua orang secara bersamaan (kompak) di dekat net.

Sistem block atau bendungan yang dilakukan dua orang pada pertandingan bola voli dibentuk dari posisi 3 dan 2 atau juga bisa 4 dan 3.

Nah, keunggulan mengunakan 2 pemain sekaligus untuk memblock serangan lawan cukup efektif untuk memperkuat upaya blocking, karena lebih rapat dari satu pemain.

Persentase lolos jadi semakin berkurang, dan hanya pemain-pemain (smasher) unggul yang bisa menerobosnya, itupun kadang masih kena block juga.

Cara Melakukan Block Ganda (2 orang)

Sebenarnya teknik dasarnya sama saja dengan block tunggal, namun hanya butuh kekompakan saja antar kedua pemain dalam membendung bola, dan menciptakan pertahanan yang rapat.

Secara garis besar, perbedaannya adalah:

  1. Dilakukan dua pemain, pemain tengah dengan pemain (depan kanan), atau pemain tengan dengan pemain (kiri didepan). Tengah memang adalah seorang middle blocker.
  2. Ketika serangan datang dari arah sisi kiri, maka pemain depan sebelah kiri diam saja ditempat dan bersiap menutup (block) bola / serangan.
  3. Sementara pemain tengan mengejar serangan kearah kiri, dan merapat dengan kawan setim disebelah kiri untuk sama-sama melompat dan membuat sistem block atau pagar tangan yang rapi dan rapat.
  4. Saat serangan datang dari sebelah kiri, pemain depan sebalah kanan mundur kebelakang untuk mengantisipasi bola mengarah kedaerah kosong disebelah kanan.
  5. Begitu juga sebaliknya jika serangan dari sebelah kanan, atau dari tengah.

Blocking Tiga Pemain

Cara  Teknik Block Bola Volly 3 Pemain
officialhankjones.com

Block jenis ini lebih rapat, lebih susah dilakukan namun lebih kokoh dan kuat, biasanya hanya dilakukan saat-saat kondisi tertentu.

Block bola volly tiga pemain sangat memungkinkan untuk meredam penyerang utama lawan seperti, open spike dan all round spiker yang mampu menyerang secara mematikan.

Lalu bagaimana cara dan konsep melakukan block bola volly 3 pemain sekaligus? Berikut ini secara garis besarnya.

Cara / Teknik Block Bola Volly 3 Pemain

Secara teknik dasarnya sebenarnya sama persis dengan teknik block yang sudah dijelaskan paling atas. Namun memang untuk yang langsung dilakukan oleh 3 pemain ada sedikit perbedaan yang sedikit juga menyulitkan untuk melakukannya.

Dalam prakteknya, bedanya hanya seperti berikut :

  1. Saat tosser lawan sudah mulai memberi umpan pada pemain (open spiker), maka ketiga pemain yang akan melakukan Block harus sama-sama fokus kerah bola.
  2. Posisi awal ke 3 pemain harus berdekatan, masing-masing jarak hanya min 1,5 meter.
  3. Kita contohkan serangan dilakukan lawan dari arah kanan.
  4. Saat serangan sudah mulai dilakukan, maka posisi pemain kanan mengontrol dirinya sama persis dimana bola diumpan oleh tosser lawan, dan dimana titik serangan akan dilakukan oleh pemain (open spiker) lawan.
  5. Sementara pemain tengah dan kiri yang bersiap juga untuk memblock, segera berlari kerah kanan dimana pemain lainnya sudah siap mengontrol titik serangan lawan.
  6. Setelah 2 pemain (tengah dan kiri) sudah merapat, maka secara bersama-sama dengan cepat melompat membangun tembok 6 tangan dengan rapi dan kuat memblock serangan lawan.

Blocking Bola Volly Secara Umum

Block bisa dilakukan dengan dua cara, diantaranya block aktif dan juga block pasif.

  • Block aktif seperti biasa, yaitu dengan cara menggerakkan tangan dan lengan sekuat mungkin, dan dekat sekali dengan net.
  • Block pasif sebaliknya, hanya dilakukan dengan cara menjulurkan tangan ke atas tanpa digerakkan.

Gerakan yang benar saat kita mau melakukan block menggunakan kedua lengan adalah tangan lurus ke atas, jari-jari direnggangkan, dan telapak tangan sedikit kerah depan memayungi bola.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak gambar dibawah ini untuk mengetahui posisi para pemain bola volly, terutama para blockernya.

Cara Melakukan Block dalam Bola Voli
officialhankjones.com
  • Posisi nomor 1 adalah pemain server.
  • Posisi nomor 2 dan 4 ditempati oleh pemain yang bertugas sebagai spiker atau smasher.
  • Posisi nomor 3 adalah set-upper atau tosser.
  • Posisi nomor 5 dan 6 ditempati oleh defender atau libero.

Tips Berhasil Melakukan Blocking

Ada beberapa hal yang sangat penting diketahui oleh pemain jika ingin aktifitas blocknya bisa berhasil sukses, diantaranya :

  1. Pahami dan pelajari beberapa teori untuk melakukan block.
  2. Perbanyak latihan membendung bola (block) dengan beragam variasi serangan dari beberapa spiker.
  3. Jaga stamina dan fisik jauh-jauh hari sebelum bertanding.
  4. Perbanyak latihan beban pada kedua tangan, terutama bagian lengan dan jari-jari, usahakan cari latihan penahan beban menggunakan tangan.
  5. Tingkatkan fokus dilapangan, jangan lompat terlalu tinggi (kepala melebihi net) karena maddle blocker adalah tameng utama saat dalam posisi bertahan atau diserang.

Istilah Istilah Penting Dalam Bola Volly

Serves

Istilah Istilah Penting Dalam Bola Volly
officialhankjones.com

Servis adalah teknik dasar dalam memulai permainan voli.

Teknik ini pada awalnya digunakan untuk bertahan, namun secara bertahap teknik ini juga dipakai untuk menyerang lawan.

Smash atau Spike

Memang mirip dengan olahraga bulu tangkis, istilah smash dalam permainan voli bermakna memukul bola dengan keras dan melewati atas net ke daerah lawan.

Diving atau Dike

Diving atau Dike sendiri adalah teknik penting, yaitu memukul bola hasil smash yang meluncur ke area pemain.

Teknik Diving ini dilakukan oleh pemain guna mencegah bola hasil Smash jatuh ke tanah dan menjaga bola agar tetap di permainan.

Blok

Dalam menjawab pertangaan pengertian Block dan apa yang dimaksud blocking, dijelaskan pula bahwa blok merupakan istilah untuk menghentikan serangan lawan di dekat net agar bola tak masuk ke area pemain.

Tidak hanya efektif dalam bertahan, teknik ini juga bisa menghasilkan poin jika bola hasil blok malah kembali bersarang di area lawan.

Stuff Block

Stuff Block juga bagian dari istilah permainan bola volly, yang maknanya adalah bola hasil block yang malah jatuh di area sendiri sehingga memberi poin ke lawan.

Rally

Rally merupakan sebutan yang menggambarkan permainan saat berlangsung, di mana bola masih bisa dimainkan oleh kedua tim.

Center Line

Center Line dalam permainan volly bermakna suatu gambaran akan garis di tengah atau tepat di bawah net untuk memisahkan area antara dua tim.

End Line

End Line adalah garis batas pada akhir lapangan yang tersusun atas dua garis yang melewati lebar lapangan.

Set

Set adalah teknik melempar bola dengan memakai kedua tangan di atas kepala.

Umumnya sih, teknik itu dilakukan oleh pemain yang berposisi sebagai Tosser untuk memberi rekannya kesempatan melakukan Smash (umpanan).

Tosser

Tosser atau dikenal juga dengan nama Setter merupakan istilah untuk salah seorang pemain yang menempati posisi di depan net.

Tosser ini jago dan bertugas sebagai pengatur arah serangan dan memberikan umpan kepada Smasher atau Spiker. Kemaren di timnas, setter unggulan indonesia dipegang oleh Nizar Zulfikar.

Libero

Libero dalam permainan bola Voli merupakan istilah yang menggambarkan pemain bertahan dan bisa juga bisa keluar masuk.

Hany saja dalam aturan mainnya, pemain diposisi ini tidak boleh melakukan Smash.

Pass

Pass atau operan ialah teknik mengoper bola ketika Serve berhasil dilakukan oleh pemain.

Hitting Error

Hitting Error merupakan istilah untuk menyebut bola keluar dari garis lapangan setelah kedua tim memainkan Rally.

Keluarnya bola ini juga menjadi poin tersendiri bagi lawan.

Tinggalkan komentar